Rabu, 13 November 2019

ERA BARU PUTUSAN PERADILAN TATA USAHA NEGARA DAN PERADILAN PAJAK

  • 02 Oktober 2019
  • Oleh: ptundenpasar
  • Dibaca: 58 Pengunjung

Jakarta – Humas MA: Kamar Tata Usaha  Negara (TUN) Mahkamah Agung berkerja sama dengan Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, sukses menyelesaikan Penyusunan Format (template) dan Pedoman Penulisan Putusan/Penetapan Pengadilan Lingkungan  Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Pajak, acara yang bertempat di hotel  Grand Mercure Kemayoran ini diselenggarakan dari tanggal 18 September 2019 hingga 20 September 2019. Acara dibuka oleh Ketua Kamar Tata Usaha Negara, Yang Mulia Dr. Supandi, SH., MH.. dan dalam kegiatan tersebut juga hadir  Hakim Agung di Kamar Tata Usaha Negara, diantaranya Yang Mulia Dr. Julius, SH. MH., Dr. Irfan Fachrudin, SH., CN., Dr. Yosran, SH., MH., Dr. Yodi Martono Wahyunadi, SH., M.H.

Tim penyusunan format (template) dan pedoman penulisan putusan/ penetapan pengadilan di lingkungan Peradilan tata Usaha Negara baik tingkat pertama maupun tingkat banding serta Peradilan Pajak yang beranggotakan  Lulik Tri Cahyaningrum S.H., M.H (Direktur Jenderal BADILMILTUN), Ketua, Wakil dan Hakim serta Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Ketua, Wakil dan Hakim serta Panitera Pengadilan Pajak, Ketua, Wakil dan Hakim serta panitera PTUN Jakarta, beberapa hakim PTUN Bandung dan PTUN Serang, Hakim Yustisial Pada Direktorat DILMILTUN, serta Hakim Yustisial Mahkamah Agung.  Sejak Bulan Juni 2019 telah mulai bekerja menyusun draft, dari pertemuan dan diskusi yang diselenggarakan,  kemudian menghasilkan beberapa template, seperti Template Putusan, Template Penetapan, Template Putusan Perlawanan, Template Putusan Gugur, Template Putusan Sela, dan Template Perbedaan Pendapat, dan lain-lain.

Menurut Ketua POKJA Penyusunan Template Tingkat Pertama, YM Dr. Yosran, S.H.,M.H., bahwa dalam pemeriksaan perkara di Mahkamah Agung sering dijumpai Putusan Hakim ditingkat Pertama polanya sangat bervariasi atau tidak seragam, selain itu terlalu banyak uraian yang mubazir sehingga memperpanjang waktu penyelesaain putusan, sementara putusan itu harus substantive dan mudah dimaknai oleh pencari keadilan, dengan adanya template putusan yang seragam diharapkan keseragaman dalam pembuatan putusan, efesien dan efektif dalam penyelesaian putusan dan tidak kalah pentingnya degan template ini maka akan memangkas penggunanan kertas atau ATK makadengan sendirinya kita mendukung kampanye bebas sampah dan Indonesia Hijau, imbaunya.

Acara yang berlangsung selama tiga haru tersebut terjadi diskusi yang cukup dinamis baik diantara anggota tim maupun anggota tim dengan para YM Hakim Agung Pendamping terutama hal-hal yang berkaitan dengan teknis Hukum Acara dan pada akhirnya Acara ditutup pada hari Jumat tanggal 20 September 2019 Oleh YM Dr. Julius S.H., M.H., di dalam kesempatan tersembut Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim POKJA yang telah meluangkan waktu dan pikirannya serta telah bekerja secara maksimal, selain itu Beliau berharap semoga template ini menciptakan keseragaman putusan dan dapat membantu tugas-tugas Hakim baik di tuingkat pertama maupun tingkat banding dibawah kamar tata usaha negara, dan semoga template ini dapat di laounching di rapat Pleno Mahkamah AGUNG yang akan dilaksanakan pada bulan November di Bandung.

Beberapa hari setelah dilaksanakan rapat pleno tersebut, TIM POKJA baik tingkat pertama dan banding serta Pengadilan Pajak, menyerahkan hasil rapat pleno tersebut kepada Ketua Kamar TUN Yang Mulia Dr. Supandi, S.H., M.H., di ruangan kerjanya, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa peradilan selalu dan terus berbenah, kemajuan teknologi telah merubah peradaban dunia oleh karena itu kita pun harus mengikuti perubahan tersebut semoga dengan tuntasnya penyusunan fotmat dan pedoman penulisan putusan/penetapan pengadilan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Pajak menjadi era baru untuk simplefikasi putusan sehingga putusan kita dapat dengan mudah difahami dan di maknai oleh pencari keadilan.

Hari ini tanggal 1 Oktober 2019 rumusan format dan pedoman penulisan putusan/penetapan pengadilan di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Pajak resmi diserahkan kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Yang Mulia Dr. Syarifudin S.H., M.H., yang diserahkan langsung oleh Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Yang Mulia Dr. Supandi, S.H., MH. didampingi oleh Panitera Muda TUN Ashadi, S.H., M.H., dan Panitera Muda Kamar TUN Kusman S.Ip., S.H., bertempat di ruang Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial. (AJC/MSP/RS)

(st/ek)

Sumber Berita: Situs Resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia


  • 02 Oktober 2019
  • Oleh: ptundenpasar
  • Dibaca: 58 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya