Harga Toyota Calya Di Bali Belum Naik

Oleh : ptundps | 18 Desember 2010

Harga Mobil Calya di Bali yang sangat terjangkau telah membuat MPV LCGC pertama Toyota ini mendapat respons positif dari masyarakat tanah air. Dengan harga lebih murah dibanding MPV lain pada umumnya, Calya memiliki keunggulan yang dinilai cukup mampu mengakomodir kebutuhan pengguna kendaraan keluarga di negeri ini, namun bagaimana bila harga Toyota Calya kemudian naik, apakah animo publik masih sebesar saat ini?

Sebelumnya memang sempat beredar kabar bila TAM akan melakukan evaluasi terhadap produk MPV murah mereka yakni Calya, meskipun tidak sampai mengurangi antusiasme publik untuk melakukan pemesanan atau indent mobil Calya namun tetap saja berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya itu sempat menjadi bahan pergunjingan yang hangat di tengah masyarakat.

TAM pun tak tinggal diam menanggapi isu yang sempat beredar luas tersebut, ATPM mobil Toyota itu melakukan langkah cepat untuk menanggapi rumor ini dengan mengeluarkan pernyataan resminya. Melalui Direktur Pemasarannya, Anton Jimmy Suwandi, TAM menampik kabar yang telah terlanjur tersebar itu, bahkan Anton mengaku terkejut dan memastikan bila kabar itu bukan berasal dari pihaknya.

Dengan lebih serius Anton menyatakan bahwa setiap produsen manapun termasuk Toyota tak bisa secara sepihak melakukan revisi baik manaikan maupun menurunkan harga mobil yang termasuk dalam payung LCGC atau resminya masuk dalam kategori Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau / KBH2 karena dibatasi oleh regulasi bahkan undang – undang.

Lebih jelasnya Anton mengatakan bila sampai dengan bulan ini (September 2016) belum ada informasi seperti yang disebutkan diatas, namun ia juga menyatakan kalaupun akan ada evaluasi terkait cost produksi dan sebagainya tidak menutup kemungkinan harga mobil baru Toyota itu mengalami kenaikan, akan tetapi hal itu pun harus melalui mekanisme yang berlaku dan ada batasan serta kriteria yang harus terpenuhi.

Dari pantauan pada sejumlah media disebutkan bila harga mobil Calya akan mengalami kenaikan berkisar antara 5 sampai dengan 10 juta Rupiah tergantung model atau tipenya. Seperti diketahui TAM memasarkan MPV murahnya itu beberapa trim yakni type E yang terdiri dari E STD, E M/T dan E A/T  serta Calya tipe G yang juga memiliki pilihan transmisi manual maupun otomatis.

Sebelum ada klarifikasi dari pihak TAM selaku ATPM, isu tersebut sempat menjadi polemik dan menimbulkan protes dari kalangan masyarakat khususnya calon konsumen mobil Calya. Pasalnya bila harga Toyota Calya benar – benar dinaikan saat ini juga hal itu dinilai terlalu cepat mengingat baru berselang kurang lebih satu bulan terhitung sejak peluncuran perdananya via pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show tanggal 11 Agustus 2016 kemarin.

Apabila memang benar demikian adanya maka MPV terbaru Toyota ini akan memecahkan rekor mobil LCGC yang paling cepat mengalami peningkatan harga, terlebih distribusi mobil Calya pun baru mulai dilakukan oleh TAM beberapa waktu lalu dan belum semua pemesan atau konsumen yang telah melakukan indent tahap awal telah menerima unitnya.


Seperti lazimnya produk otomotif lainnya, kenaikan harga pada sebuah produk mobil LCGC seperti halnya Calya atau kembarannya yakni Sigra sebenarnya merupakan hal biasa, hanya saja khusus untuk model yang dikategorikan sebagai KBH2 memang ada sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi diantaranya adalah bila indikasi perekonomian memang sudah tidak memungkinkan untuk mempertahankan harga awal.

Selain itu meskipun sudah ada batasan harga atas mobil LCGC namun bisa saja sebuah produk yang masuk dalam kategori tersebut memiliki nilai jual diatas yang telah ditetapkan apabila produsen menambahkan sejumlah teknologi seperti model transmisi otomatis dan fitur teknologi pendukung keselamatan penumpang.

Sebagaimana telah disebutkan diatas, Calya sendiri sudah memiliki opsi bertransmisi matic pada beberapa variantnya sementara untuk fasilitas safety fitur keselamatan Toyota Calya diakui merupakan yang terbaik dikelasnya bahkan bisa disejajarkan dengan sejumlah produk MPV yang berada satu tingkat diatasnya.

Semua type mobil Calya telah dibekali safety features berstandar internasional sebut saja diantaranya 7 buah pretensioner and load limiter seat belt yang tersedia untuk masing – masing penumpang, dual SRS airbags, ABS hingga ISOFIX untuk dudukan kursi bayi. Dengan fasilitas tersebut harga Toyota Calya yang ada saat ini dinilai sangat layak dan sebanding dengan kualitas yang ditawarkannya.

Copyright © 2016 Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar. All rights reserved.